Prinsip – prinsip GCG
Keterbukaan
Transparansi
Perusahaan menjamin adanya keterbukaan dan objektivitas dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan untuk menjalankan kegiatan usahanya. Perusahaan harus menyediakan informasi yang bersifat materil dan relevan mengenai perusahaan dengan cara yang mudah diakses dan dipahami oleh para Stakeholders. Perusahaan harus mengambil inisiatif untuk mengungkapkan tidak hanya informasi yang dipersyaratkan oleh Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tetapi juga hal-hal yang penting dan mempengaruhi pengambilan keputusan para Stakeholders sesuai dengan klasifikasi Informasi Perusahaan;
Akuntabilitas
Accountability
Perusahaan bekerja dengan akuntabilitas tinggi serta mempertanggungjawabkan segala tindakan dan secara wajar untuk kepentingan Perusahaan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar, peraturan perundang-undangan dengan tetap memperhatikan kepentingan Stakeholders guna mencapai kinerja Perusahaan secara berkesinambungan;
Tanggung Jawab
Responsibility
Perusahaan berpegang teguh pada prinsip-prinsip kehati-hatian dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan Perusahaan, Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta melaksanakan tanggung jawab sosial antara lain kepedulian terhadap Masyarakat dan kelestarian lingkungan terutama di sekitar Perusahaan dengan membuat perencanaan dan pelaksanaan yang memadai sehingga terpelihara kesinambungan usaha Perusahaan;
Kemandirian
Independency
Perusahaan dikelola secara professional dengan menghindari benturan kepentingan serta pengaruh/tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dari prinsip-prinsip korporasi yang sehat
Kewajaran dan Kesetaraan
Fairness
Dalam melaksanakan kegiatannya Perusahaan senantiasa memperhatikan kepentingan berdasarkan asas kewajaran dan kesetaraan;
Terpercaya
Trusted
Perusahaan mendapatkan kepercayaan dan dukungan penuh dari seluruh Stakeholders.
Tujuan
- Memaksimalkan penerapan Tata Kelola Perusahaan yang baik, kinerja dan nilai-nilai Perusahaan bagi Pemegang Saham melalui pelaksanaan prinsip transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian dan kewajaran agar perusahaan memiliki daya saing yang tinggi;
- Meningkatkan pengelolaan Perusahaan secara professional, tansparan, efisien, serta mendorong pemberdayaan fungsi dan kemandirian Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris dan Direksi;
- Menjadi acuan penglolaan Perusahaan dalam membuat keputusan dan menjalankan Tindakan dan dilandasi moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta kesadaran akan tanggung jawab social Perusahaan Stakeholder dan kelestarian lingkungan di sekitar Perusahaan;
- Meninggkatkan Stakeholder value dengan memperhatikan kepentingan seluruh Pemenuhan nilai/kepentingan seluruh stakeholders (Pelanggan, Pekerja, Pemegang Saham dan Masyarakat) dilakukan dengan membuat kebijakan yang meminimal biaya dan limbah sambal meningkatkan kualitas jasa, meningkatkan keterampilan dan kepuasan Pekerjanya dan berkontribusi terhadap pengembangan dan kesejahteraan Masyarakat;
- Meningkatkan daya saing Perusahaan secara nasional maupun internasional, sehingga meningkatkan kepercayaan pasar yang dapat mendorong arus investasi dan pertumbuhan ekonomi nasional yang berkesinambungan
Sosialisasi
Dalam rangka membangun kultur perusahaan berbasis nilai-nilai Tata Kelola Perusahaan yang Baik dan Corporate Culture, maka PT Pelindo Jasa Maritim melakukan sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pedoman perangkat Tata Kelola kepada seluruh Insan Pelindo secara berkala melalui sosialisasi kepada pihak internal dan eksternal perusahaan, melalui berbagai saluran komunikasi antara lain media sosial, media cetak, website, kunjungan ke stakeholder, serta materi-materi perusahaan lainnya.