SISTEM MANAJEMEN
PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berkomitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik dengan melakukan pemenuhan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan kepatuhan internasioanl dalam seluruh aktivitas bisnisnya secara fleksible dan adaptif;
Sejalan dengan hal tersebut, dari aspek kepatuhan terhadap peraturan perundangan, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) telah menerapkan ISPS Code (International Ship and Port Security Code), Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), dan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) SNI ISO 37001:2016;
Dari aspek kepatuhan terhadap standard internasional dan untuk meningktakan kualitas layanan (customer satisfaction) telah diterapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dengan target Zero Complain, Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015 yang bertujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan peningkatan pada proses efisiensi dengan target Zero Emission, dan ISO 45001:2018 dengan target Zero Accident dan Zero Damage;
Perseroan juga menerapkan konsep pelabuhan yang ramah lingkungan (Green Port) yang mengarah kepada pemanfaatan energi, penurunan emisi juga pengolahan sampah dan air. Penerapan Green Port juga sebagai salah satu langkah untuk mendukung ekosistem konektivitas nasional, dan menekan biaya logistik menjadi lebih efisien.
Penerapan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku baik secara nasional maupun secara internasional diyakini mampu memperkuat daya saing perusahaan secara berkesinambungan, mengelola sumber daya dan risiko secara efisien dan efektif, serta meningkatkan corporate value dan kepercayaan investor untuk mewujudkan visi perseroan sebagai Pelabuhan yang bertaraf internasional (World Class Operator).